Pages

Subscribe:

Selasa, 01 Mei 2012

TEORI DASAR WEBSITE


           Web page / website merupakan sarana alternatif dalam penyampaian informasi (media lainnya missal : Koran, brosur, televisi) yang berbentuk HTML file. Pada awal perkembangannya dalam dunia internet, web page hanya berupa text dan beberapa gambar seperti koran pada umumnya. Dengan berkembangnya teknologi internet, web page juga ikut berkembang, web page tidak hanya berisi informasi berupa text dan gambar, tetapi juga berisi audio (suara), animasi dan video (audio visual). Selain itu informasi yang ada pada web page juga mengalami perkembangan, mulai dari informasi pengetahuan, permainan online dan samapu menjadi sarana iklan.

Bagaimana Halaman web bekerja?
       Halaman web dapat diakses melalui internet apabila halaman tersebut sudah ditaruh pada server web yang terhubung internet. Server yang terhubung dengan internet tersebut dinamakan sebagai “web hosting” . Ada banyak penyedia jasa hosting di internet.  Untuk dapat membuka halaman yang telah kita taruh pada web hosting tertentu, maka kita memerlukan alamat khusus. Alamat ini kita sebut dengan nama domain. Sebagai contoh misalnya, ketika kita mengetik http://www.google.com maka secara otomatis kita bisa melihat halaman google pada browser kita. www.google.com inilah yang kita sebut dengan alamat domain.


Jenis web berdasarkan teknologinya
1. Web statik
        Adalah jenis website yang mana pengguna tidak bisa mengubah content dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Jenis web ini menggunakan client side script, yaitu script-script yang dapat dimengerti oleh komputer klien saja (dalam hal ini browser) seperti html, javascript, dhtml, css, dan lain-lain.
2. Web Dinamis
         Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah content dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request yang dikirimkan oleh pengguna dapat diproser oleh server untuk kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Jenis web ini menggunakan server side script, yaitu bahasa pemrograman yang dapat diproses oleh server untuk kemudian ditampilkan di browser pengguna dengan client side script.Contoh dari web dinamis misalnya adalah forum-forum yang ada di internet. Disitu kita bisa mengisi content dari web tersebut, mengubah data diri, dan mengirimkan pesan.

PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS
             Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.
            Mengapa banyak orang menggunakan fasilitas ini ? sebenarnya banyak factor yang mempengaruhi, tetapi alasan yang paling banyak adalah faktor kemudahan dalam distribusi, kecepatan penyampaian informasi dan interaktivitasnya dibandingkan dengan sarana konvesional lainya (mis : televise dan Koran)


0 comments: